Rabu, 27 Mei 2015

Persukuan di Nagari Sibarambang

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam sejarah nagari Sibarambang bahwa nenek moyang telah sepakat dengan adanya 5 suku di nagari.
Adapun rinciannya sebagai berikut:
1.       Bari dan bori di Tigo Niniak yang saat ini disebut dengan Suku Dalimo
2.       Suluh di Nan Onam, yang saat ini disebut dengan suku Patopang
3.       Adat di nan Salapan, yang saat ini disebut
4.       Pusako di nan Sapuluah yang saat ini disebut
5.       Sumpah di Sumpadang
6.       Pati di Datuak Sutan
Setelah suku terbentuk di nagari Sibarambang, maka setiap suku memiliki daerah teritorial atau yang lazim disebut tanah ulayat kaum.
Tanah ulayat adalah bidang tanah yang di atasnya terdapat hak ulayat dari suatu masyarakat hukum adat tertentu atau kaum. Sedangkan Hak ulayat adalah kewenangan, yang menurut hukum adat, dimiliki oleh masyarakat hukum adat atas wilayah tertentu yang merupakan lingkungan warganya, dimana kewenangan ini memperbolehkan masyarakat untuk mengambil manfaat dari sumber daya alam, termasuk tanah, dalam wilayah tersebut bagi kelangsungan hidupnya. Masyarakat dan sumber daya yang dimaksud memiliki hubungan secara lahiriah dan batiniah turun temurun dan tidak terputus antara masyarakat hukum adat tersebut dengan wilayah yang bersangkutan.
Secara rinci hak ulayat yang telah diperuntukan untuk suku tertentu di nagari Sibarambang yaitu:
1.       Karimbang – Batu Alang merupakan hak ulayat  dari Suku Dalimo.
2.       Kasambi – Puncak Bai merupakan hak ulayat Suku Patopang
3.       Kubang – Sihilalang merupakan hak ulayat Suku Sikumbang
4.       Tanjuang – Guak Golam merupakan hak ulayat Suku Bendang
Setiap suku itu terdiri dari beberapa rumah gadang. Orang yang sarumah gadang persaudaraannya lebih dekat dari pada sasuku. Tiap rumah gadang itu terdiri dari beberapa ruang. Orang yang saruang, lebih dekat persaudaraannya dari pada yang sarumah gadang.
Adapun pembagian suku dan rumah gadang di nagari Sibarambang sebagai berikut:
1.       Suku Dalimo memiliki 8 (delapan buah) rumah gadang
a.       Rumah gadang Gobah
b.      Rumah Gadang Manjuang
c.       Rumah Gadang Topi Sawah
d.      Rumah Godang Guak Limau
e.      Rumah Gadang Tanah Sirah
f.        Rumah Gadang Longuang
g.       Rumah Gadang Payaboda Pangka
h.      Rumah Gadang Payaboda Ujuang
2.       Suku Patopang memiliki rumah gadang
a.       Rumah Gadang Gontiang Balai
b.      Rumah Gadang Kutianyir
c.       Rumah Gadang Rumah Pandan
d.      Rumah Gadang Rumah Rorak
e.      Rumah Gadang Rumah Baru
f.        Rumah Gadang Tanjuang Baringin
g.       Rumah Gadang Patopang Bawah
h.      Rumah Gadang Gontiang Taboruak
i.         Rumah Gadang Koto Kaciak
j.        Rumah Patopang Ateh
3.       Suku Sikumbang memiliki 7 (tujuh) rumah gadang yaitu:
a.       Rumah Gadang Bawah Limau
b.      Rumah Gadang Godang
c.       Rumah Gadang Tongah
d.      Rumah Ujuang Bawah Talawi
e.      Rumah Gadang Rumah Panjang
f.        Rumah Gadang/ Dangau Longgua
g.       Rumah Gadang Rumah Botuang
4.       Suku Bendang terdiri dari 7 (tujuh) buah rumah gadang yaitu:
a.       Rumah Baru
b.      Rumah Godang
c.       Rumah Ketek
d.      Rumah Pangka
e.      Rumah Luak Lereang
f.        Rumah Tongah
g.       Rumah Lokuang
5.       Suku Sumpadang terdiri dari 8 (delapan) buah rumah gadang yaitu:
a.       Rumah Sumpadang Lokuang
b.      Rumah Sumpadang Topi Aia
c.       Rumah Sumpadang Tongah
d.      Rumah Simabu Ateh
e.      Rumah Gadang Simabu                Mato Aia
f.        Rumah Panjang Simabua
g.       Rumah Gadang Piliang Mudiak
h.      Rumah Gadang Andole
Setiap rumah gadang dipimpin oleh seorang wali rumah atau Tungganai.  Tiok rumah ba tungganai. Persaudaraan saruang, sarumah gadang dan sasuku itu masih dipelihara dan masih kental sampai saat ini.
Rumah gadang yang menjadi lambang sejarah persaudaraan itu, secara fisik sekarang sudah hampir tidak ada lagi. Hampir semuanya sekarang sudah rubuh musnah dimakan usia. Sementara inisiatif untuk membangun yang baru belum ada. Data rumah gadang sekarang cuma sebagaimana yang tertera dalam dalam tabel berikut.
Pertalian atau persaudaraan saruang dan sarumah gadang itu terlihat mulai berkurang. Misalnya pada acara adat atau persukuan, kebanyakan dari generasi kurang memperdulikan persatuan ibarat “barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang”. Sehingga terlihat sekarang banyak mamak yang mengabaikan kemenakan dan kemakan tidak lagi santun pada mamak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar